Sabtu, 26 Maret 2011

BAHASA SUNDA SANGAT LANGKA DI GUNAKAN DI DEPOK,JAWA BARAT

selamat gini hari kawan kawan dan bagi para pembaca blogger seluruh penjuru dunia.. hmm saya masih bingung kenapa yah jawa barat menggunakan bahasa sunda??? dan hampir seluruh kota di jawa barat menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa sehari hari .termasuk kota bogor yang saya singgahi saat ini.. tapi saya heran mengapa kota depok yang menjadi bagian dari jawa barat tidak menggunakan bahasa sunda. padahal depok masih bagian dari jawa barat. hmm kota tersebut malah lebih banyak menggunakan bahasa betawi!!! sungguh miris melihatnya,sediiih deh! suatu ketika saya sedang naik motor dan masuk ke perkampungan bersama teman saya. dan perkampungan nya itu kebetulan masuk gang.saya waktu itu lagi mau ke masjid untuk shalat dzuhur. karena saya sedang dalam perjalanan. saya masuk ke daerah perkampungan nya dan disitu banyak beberapa orang yang sedang ngumpul. dan motor saya melewati tempat yang sedang banyak orangnya. kebiasaan di daerah saya bogor,jawa barat kalau lewat harus bilang PUNTEN atau bahasa indonesianya PERMISI. di jawa barat gak boleh lewat selonong boy begitu aja, ya sebenarnya tidak hanya di jawa barat saja. dimanapun kita berada kita harus mengucapkan permisi. itu namanya ada tata kramanya/ada etika nya. nah balik lagi ke yang tadi setelah saya bilang PUNTEN teh,pak dan ternyata di salah satu warga yang sedang berkumpul disitu tak ada yang menjawab MANGGA' yang berarti SILAHKAN. ya ampun sungguh miris saya melihat nya...emhh sediiih deh.. daerah masih ikut jawa barat kok tidak melestarikan bahasa sunda sich, ya ampun! teman saya pun berkata kepada saya, "rill, di depok mah mana ada yang ngerti bahasa punten, saya pun menjawab oiya ya lupa. tapi aneh ya disini kan masih jawa barat kan?? tapi kok gak ada yang ngerti sich aneh ." begitu... kalo di bogor udah sehari hari saya mengucapkan kata PUNTEN. tapi karena saya sekarang sedang menuntut imu di kota depok. jadi ketika saya memasuki area kampus, saya jarang menggunakan bahasa sunda bersama teman teman saya. paling juga kalau misalkan ketemu sama teman teman saya yang dari bogor aja ngomong bahasa sunda nya.

1 komentar: